Portal Informasi Game Online Terkini PC Gaming Monitor Gaming OLED Alienware AW5520QF 55 inci

Monitor Gaming OLED Alienware AW5520QF 55 inci


Monitor Gaming OLED Alienware AW5520QF 55 inci

Monitor Gaming OLED Alienware AW5520QF 55 inci

Monitor Gaming OLED Alienware AW5520QF 55 inci Ketika Alienware merilis Area-51m , itu membuktikan bahwa laptop bisa menjadi pengganti desktop yang tepat. Sekarang, merek game tersebut mengaburkan garis antara monitor dan TV dengan AW5520QF, monitor gaming OLED besar berukuran 55 inci dengan harga yang sesuai dengan ukurannya. Melihat harga itu sebentar, AW5520QF memiliki banyak hal yang ditawarkan, termasuk panel 4K OLED yang menakjubkan, desain yang ramping namun praktis, dan banyak port yang berguna dan mudah diakses . 

Tapi seperti yang bisa Anda tebak, AW5520QF harganya cukup mahal; $ 4.999 tepatnya. Itu jauh lebih mahal daripada biaya banyak TV OLED 4K, seperti LG C9 OLED yang luar biasa . Tetapi penting untuk dipertimbangkan bahwa mereka tidak mengemas fitur yang sama dengan AW5520QF, yang mencakup AMD FreeSync, kecepatan refresh 120Hz, dan waktu respons 1 milidetik. Meskipun fasilitas tersebut membantu membedakan layar OLED AW5520QF 55 inci, fitur ini tidak menjadikannya pilihan yang baik untuk siapa pun kecuali bagi para gamer paling berdedikasi yang tidak memiliki anggaran. Tapi, AW5520QF masih menjadi salah satu monitor gaming terbaik .

Rancangan

Dengan panel 55 inci, Alienware AW5520QF terlihat seperti TV modern dari jauh. Tapi perhatikan baik-baik dan Anda akan melihat beberapa elemen desain yang akan ditempatkan di TV. Bahasa desain Legendaris Alienware, yang memengaruhi tampilan desktop dan laptopnya, diterapkan sepenuhnya pada AE5520QF. Tapi jangan khawatir tentang estetika yang terinspirasi dari sci-fi yang tampak norak – ada keanggunan pada monitor yang membuatnya menyatu dengan apartemen mewah yang dipenuhi dengan furnitur abad pertengahan.

Sebenarnya, saya tidak akan menebak-nebak jika Anda memberi tahu saya bahwa Alienware AW5520QF dibuat oleh tim yang mendesain supercar. Desain canggih monitor dimulai dengan lekukan halus di sekitar kaki berbentuk bumerang AW55020QF. Garis-garis halus yang sama berlanjut ke panel putih mencolok di belakang, yang memiliki nomor 55 yang dicat dengan font bergaya. 

Namun Anda mungkin tidak menyadarinya, karena di samping elemen desain tersebut terdapat logo Alienware yang menyala dan strip lampu RGB berbentuk bulat telur, yang memancarkan rona warna-warni ke dinding. Seperti pencahayaan pada keyboard laptop Alienware, bakat RGB AW55020QF yang megah dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Favorit pribadi saya membuat cahaya memancarkan warna berbeda. 

Jika Anda tidak memiliki ruang di meja (atau pusat hiburan) untuk meletakkan monitor besar ini, Anda dapat memasangnya ke dinding menggunakan dudukan VESA 400 x 400 milimeter yang dipasang di bagian belakang monitor setelah Anda melepaskan kakinya. dan panel belakang. Melakukannya sangat mudah karena panel terpasang ke bagian belakang monitor dengan magnet. 

Tidak mengherankan, AE5520QF lebih besar dan lebih berat dari monitor lain. Dengan ukuran 30,3 x 48,3 x 10,4 inci dan 59 pon (hanya panel), AE5520QF jauh lebih besar dari LG 38GL950G 38 inci (35,3 x 22,2 x 10,2 inci) dan Dell P3418HW (32 x 21 x 8,9, 22 pon).

Port dan antarmuka

AE5520QF membagi portnya antara panel belakang dan tepi kiri. Alienware dengan cerdas memilih untuk memindahkan port yang biasanya perlu Anda akses – dua input downstream USB (satu dengan pengisian daya), HDMI, dan jack headphone – di tepi kiri, sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya.

Porta lain yang dapat Anda colokkan dan biarkan ada di panel belakang. Itu termasuk konektor daya di satu sisi, bersama dengan dua input HDMI, DisplayPort, port SPDIF Out (koneksi audio digital untuk menghubungkan ke speaker surround sound), port USB upstream dan dua koneksi downstream USB.

Kabel diatur dengan rapi menjadi dua slot yang berada di sepanjang bagian belakang monitor. Mereka selanjutnya disembunyikan oleh panel belakang magnetis yang masuk ke tempatnya.

Anda dapat mengontrol pengaturan pada AE5520QF menggunakan remote control yang disertakan. Ya, kami masih berjanji ini bukan TV. Remote yang mulus dan bergigi memiliki tampilan remote Apple yang ramping tetapi bentuknya mirip dengan yang Anda dapatkan dengan Roku. Ada tombol volume terpisah pada remote serta tombol untuk menambah dan mengurangi kecerahan layar. Terdapat pad arah empat arah dengan tombol “enter” di tengah yang di atasnya Anda akan menemukan tombol untuk mengubah sumber, beralih mode tampilan prasetel, dan menghidupkan dan mematikan monitor.

Performa gaming

AE5520QF memiliki layar OLED 55 inci dengan resolusi 3840 x 2160 (rasio aspek 16: 9), kecepatan refresh 120Hz dan AMD FreeSync untuk mencegah layar robek selama aksi cepat. 

Semua fitur tersebut memungkinkan aksi cepat mengalir dan mengalir bebas baik Anda menekan tombol melalui hack-and-slash atau berlari melintasi medan perang dalam penembak orang pertama. Benar saja, layar melakukan pekerjaan yang sangat baik saat kami menebas golem jahat di The Witcher 3: Perburuan Liar. Gerakan karakter kami halus, lancar, dan bebas dari sobekan layar.

Saya juga sangat terkesan dengan kualitas gambar AW5520QF. OLED tetap menjadi teknologi layar terdepan, menawarkan kegelapan sempurna, tingkat kontras super tinggi, dan warna-warna cerah. Seperti yang diiklankan, AW5520QF memenuhi masing-masing fitur tersebut. Dan dengan resolusi 4K, kualitas gambar keseluruhan monitor sungguh menakjubkan. 

Saat saya melihat asisten editor pelaksana Laptop Mag, Sherri L. Smith, memainkan Shadow of the Tomb Raider , mata saya disambut oleh percikan biru hidup yang keluar dari generator di dekatnya, memberikan satu-satunya kemiripan cahaya di gua yang gelap gulita.

Layar yang sangat besar membuat semuanya terlihat sinematik, sementara resolusi tinggi panel membuat semuanya tetap tajam. Aku bisa melihat helai rambut terpisah saat Lara Croft mengapung di cekungan berisi air. 

Satu-satunya area yang kekurangan AW5520QF adalah kecerahan. Monitor ini mampu mencapai 400 nits tetapi jarang sekali, bahkan saat kecerahan dinaikkan ke maks. Ya, kami telah mencatat area layar yang mendekati tanda itu, tetapi kecerahan yang lebih tinggi di seluruh tampilan akan membantu warna-warna kaya ini muncul lebih dari yang mereka lakukan.

Performa video

Mengingat berapa banyak Anda akan mengambil salah satu dari ini, kami tidak akan terkejut jika AW5520QF berfungsi ganda sebagai TV Anda. Untuk menguji performa AW5520QF sebagai TV, saya streaming delapan bagian seri Our Planet yang menakjubkan dalam 4K di Netflix . 

Level hitam begitu dalam di AW5520QF sehingga urutan pembukaan Our Planet memberi saya pemandangan luar angkasa yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Dan jumlah piksel yang padat pada layar ini begitu tajam sehingga setiap bintang terlihat dalam kumpulan bola yang bersinar tak terhitung jumlahnya.

Detail di monitor tidak pernah berhenti membuat saya kagum. Kepingan salju individu terlihat sangat jernih saat serial mini tersebut membawa saya berkeliling Arktik, dan saya bahkan dapat melihat gelembung kecil mengapung di pemandangan bawah air saat penguin menukik paruh pertama ke laut. Mungkin pemandangan favorit saya adalah pemandangan hutan dari udara, yang memiliki kedalaman luar biasa sehingga saya merasa seolah-olah saya berada di dalam helikopter melihat ke bawah.  

Warna tampak hebat – tetapi warnanya lebih alami daripada tampilan super jenuh yang Anda harapkan dari OLED. Misalnya, flamingo berwarna merah jambu sedang, bukan neon lincah yang saya harapkan. Meskipun saya menghargai warna-warna alami itu, saya tetap berharap layarnya lebih cerah – hanya saja tidak ada kilau yang mencolok seperti yang Anda lihat dari TV OLED di toko elektronik lokal Anda.

Audio

Saya sangat terkesan dengan pengeras suara (disetel oleh WaveMaxxAudio) di bawah AW5520QF, bahkan jika tidak sekeras yang saya harapkan. Saat kami memainkan Borderlands 3 , suara serak narator memiliki nada yang dalam dan kasar yang tidak akan ditangkap oleh sebagian besar speaker TV dan monitor. Ledakan meletus ke arahku dengan gemuruh yang dalam; tembakan meledak dengan cincin yang jelas dan tajam; dan aku bisa mendengar dentingan busur Lara Croft saat memainkan Shadow of the Tomb Raider. 

Gamer juga akan menghargai kemampuan pembicara untuk memisahkan suara dan menempatkannya di sekitar Anda. Ini sangat membantu saat Anda memainkan game seperti Fortnite dan perlu mendengarkan langkah kaki musuh yang menyelinap di belakang Anda. 

Suara berat David Attenborough agak tersembunyi saat saya menonton Our Planet. Tapi saya tidak perlu terlalu mengeraskan volume untuk memahami narasinya.

Mode dan fitur

Ada banyak pengaturan yang dapat Anda pindai jika Anda ingin mengubah kinerja dan kualitas gambar AW5520QF.

Mode preset mencakup gambar standar. Bersama dengan mode yang dirancang untuk penembak orang pertama, game arena pertempuran online multipemain, RTS, RPG, dan olahraga. Ada juga tiga preset game tambahan, tampilan dan pengaturan nyaman yang mengubah nada menjadi hangat dan sejuk. 

Kontrol yang lebih terperinci memungkinkan Anda menyesuaikan penguatan, rona, kecerahan, ketajaman, kontras, rasio aspek, dan saturasi. 

AW5520QF hadir dengan fitur HDR pintar yang dapat Anda sesuaikan secara manual agar dioptimalkan untuk mode desktop atau saat menonton film atau bermain game.

Pengujian lab

AW5520QF tidak menerangi tes benchmark kami tetapi angka-angka tersebut tidak menjelaskan segalanya. Colorimeter Klein-K10 kami mencatat rata-rata hanya 113 nits, meskipun monitor mampu mencapai 400 nits. 

Kami sering melihat perbedaan di antara peringkat yang diberikan produsen untuk produk mereka. Dan apa yang diukur peralatan kami di lingkungan laboratorium. Terlepas dari itu, AW5520QF mengecewakan jika dibandingkan dengan rata-rata kategori (264 nits). 

Area lain di mana AW5520QF tertinggal dari kompetisi adalah waktu jeda. Penguji lag input Leo Bodnar kami (dilakukan melalui Wi-Fi), mencatat waktu jeda 29,5 milidetik pada AW5520QF. Itu mendekati apa yang Anda dapatkan dari kebanyakan TV OLED tetapi tidak secepat yang lain, seperti Samsung Q60 QLED. 

AE5520QF bekerja jauh lebih baik pada uji reproduksi warna kami, mencakup 141,9% gamut warna sRGB. Dengan skor tersebut, Alienware membuktikan bahwa itu jauh lebih tajam daripada rata-rata laptop gaming (108%)

Kami juga menguji ruang warna DCI-P3 karena ini menjadi standar untuk film dan acara. AW5520QF mencakup 100,5% spektrum, yang merupakan hasil yang luar biasa. 

Warna pada monitor 55 inci tidak hanya jenuh – tapi juga nyata. Dengan peringkat Delta-E 0,27 (mendekati 0 adalah yang terbaik), AE5520QF memiliki warna yang lebih akurat daripada rata-rata laptop gaming (0,3).

Baca Juga Artikel Tentang: ViewSonic Elite XG270 monitor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *